Pemkab Buton Tengah dan UGM Jalin Kerja Sama Bidang Pertanian tentang Pengembangan Sektor Perikanan

Pj Bupati Buton Tengah, Kostantinus Bukide dan Dekan Fakultas Pertanian UGM, Jaka Widada, di gedung LGLC, lantai 6 Kampus UGM Jogyakarta, Kamis (6/6/2024). Foto Humas dan Protokoler Buteng
Pj Bupati Buton Tengah, Kostantinus Bukide dan Dekan Fakultas Pertanian UGM, Jaka Widada, di gedung LGLC, lantai 6 Kampus UGM Jogyakarta, Kamis (6/6/2024). Foto Humas dan Protokoler Buteng
TNews, BUTON TENGAH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah dan Universitas Gadjah Mada menyepakati Perjanjian Kerja Sama (PKS) di bidang Pertanian tentang pengembangan sektor perikanan. Naskah Perjanjian Kerja sama di tandatangani oleh Pj Bupati Buton Tengah, Kostantinus Bukide dan Dekan Fakultas Pertanian UGM, Jaka Widada, di gedung LGLC, lantai 6 Kampus UGM Jogyakarta, Kamis (6/6/2024).
Perjanjian kerja sama tersebut bertujuan untuk mengembangkan sektor perikanan di Buton Tengah, yang memiliki potensi besar di bidang perikanan dan kelautan. Ruang lingkup kerja sama ini meliputi teknologi tepat guna yaitu penelitian implementatif tentang pemanfaatan limbah rajungan dan lobster sebagai sumber ekonomi baru.
Kemudian pendidikan dan pelatihan budidaya pengolahan dan pemasaran hasil perikanan, pengembangan kawasan sebagai upaya peningkatan hasil perikanan dan bidang lain yang disepakati oleh kedua belah pihak sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku.
Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Buton Tengah, Kostantinus Bukide mengatakan, kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan produksi, kualitas dan keberlanjutan sektor perikanan melalui berbagai program penelitan. Tujuan dan manfaat dapat meningkatkan SDM melalui pendidikan dan pelatihan, mengembangkan teknologi yang dapat diterapkan langsung di lapangan untuk meningkatkan hasil perikan.
Mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui pemanfatan sumber daya perikanan yang berkelanjutan, meningkatan kualitas penelitian yang aplikatif dan bermanfaat bagi masyarakat lokal.
“Perjanjian ini mencerminkan komitmen bersama untuk mendorong pembangunan yang berkelanjutan dan mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) di Kabupaten Buton Tengah”,ungkapnya.
Pj Bupati Buton Tengah, Kostantinus Bukide berharap, perjanjian kerja sama ini dapat terjadi peningkatan yang signifikan dalam sektor perikanan yang akan membawa manfaat besar bagi masyarakat di Kabupaten Buton Tengah.
Hadir pada kegiatan tersebut, Ketua DPRD Buton Tengah, Bobi Ertanto dan anggota DPRD, Nurman, Asisten dan beberapa kepala OPD dan pejabat lainnya lingkup Pemkab Buton Tengah. (Humas dan Prokotokoler Pemkab Buteng)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *