Sa’al Himbau Jaga Suasana Damai dan Sejuk Jelang Pilkada Buteng Tahun 2024

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Tengah, Sa’al Musrimin Haadi, S.K.M yang juga jabat Ketua organisasi sayap partai PDI-P, Banteng Muda Indonesia (BMI) Kabupaten Buton Tengah. Foto IST
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Tengah, Sa’al Musrimin Haadi, S.K.M yang juga jabat Ketua organisasi sayap partai PDI-P, Banteng Muda Indonesia (BMI) Kabupaten Buton Tengah. Foto IST

TNews, BUTON TENGAH – Salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Tengah, yang juga politisi muda Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Sa’al Musrimin Haadi, S.K.M menghimbau dan mengharapkan terciptanya suasana damai, sejuk dan nyaman jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024.

“Jelang Pecoblosan yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang kami menghimbau kepada masyarakat seluruh stakeholder yang ada di Buton Tengah tanpa terkecuali masing masing simpatisan untuk menjaga keamanan damai sejuk dan nyaman serta berusaha menciptakan pesta demokrasi jujur ​​dan adil” Ungkap Sa’al saat dikonfirmasi media ini, Senin (15/7/2024).

Bacaan Lainnya

Ketua organisasi sayap partai PDI-P, Banteng Muda Indonesia (BMI) Kabupaten Buton Tengah ini menambahkan Masyarakat Buton Tengah sekiranya tidak terjebak pada suasana yang dilema dan harus berhati hati menerima informasi baik di sosial media atau platform lainya.

“Kepada saudara-saudaraku, bapak-bapak, ibu-ibu, dan semua pengguna sosial media atau media sosial untuk dapat mengendalikan jari jempol, khususnya pengguna platform pesan instan WhatsApp untuk lebih bijak saat menerima dan meneruskan informasi yang berkaitan dengan Pemilu” Kata Sa’al.

Saal kemudian mengingatkan untuk masyarakat selalu melakukan cek and ricek atau mencari kebenaran informasi yang diterima sebelum diteruskan melalui berbagai kanal kepada tang lainya. Hal itu, ditujukan agar menghindari penyebaran informasi yang keliru atau misinformasi.

“Sebelum mempercayai dan forward pesan-pesan WA ke orang lain, cek dulu kebenaran informasinya. Jika pesan atau konten meragukan, tidak jelas sumbernya, provokatif dan manipulatif maka sebaiknya tidak usah ikut disebar,” tegasnya.

Saal juga menyarankan agar masyarakat lebih baik menjadi agen yang meluruskan segala informasi sesat.

“Misalnya dengan mengirimkan stempel hoax dari lembaga resmi seperti Kominfo atau lembaga pengecek fakta lainnya untuk mengcounter disinfomasi yang beredar. Karena kolaborasi multistakeholder adalah kunci perwujudan pilkada yang damai itu sendiri,” tuturnya.

Saal kemudian mengajak berbagai organisasi, komunitas hingga seluruh elemen masyarakat untuk bersama-bersama menggaungkan narasi Pilkada Buton Tengah Damai 2024.

“Saya mengajak seluruh pihak, para penggiat literasi digital yang tergabung dalam Gerakan Nasional Literasi Digital, dan komunitas lainnya, seluruh platform digital, pelaku bisnis, akademisi dan seluruh elemen masyarakat untuk bergerak bersama menggelorakan ruang digital yang sehat dan kondusif sepanjang Pilkada 2024 demi kejayaan dan kemajuan Indonesia tercinta,” ungkapnya.

Tidak hanya kepada masyarakat umum, Sa’al juga menyerukan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Buton Tengah untuk tetap menjaga netralitas dalam kontestasi Pilkada 2024.

“Karena saat ini pelaksanaan tahapan Pilkada serentak tahun 2024 sudah berjalan, kami meminta kepada ASN Pemkab Buton Tengah termasuk ASN instansi vertikal di Buton Tengah, untuk tetap menjaga netralitas” Tutup Saal (ADV)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *